Cara Simple Bikin TimeLapse Video

Hello,
Sobat kali ini saya akan membahas tentang video timelapse dan cara membuatnya. Video timelapse adalah sebuah video mengenai sebuah suasana sebuah latar tempat, dan objek yang tersusun dari kumpulan foto yang diambil secara continue, sehingga menghasilkan video yang mempunyai keunikan tersendiri.

sekilas timelapse memang terlihat seperti video yang di rekam, kemuadian masuk proses editing dan di percepat pemutaranya, tapi sebenarnya tidak. timelapse terdiri dari kumpulan foto yang di ambil secara continue dan di susun sedemikian rupa hingga menyerupai video karena menggunakan rate frame atau penampilan frame seperti sebuah video. jadi misalnya dalam sebuah video berdurasi pendek kecepatan framenya 29fps (fps:frame per second). artinya video tersebut menampilkan 29 frame setiap satu detik. prinsip ini yang di terapkan pada pembuatan timelapse video.

untuk membuat satu menit timelapse dengan kecepatan 29fps kita membutuhkan 29 x 60 = 1740 frame foto dan setiap satu foto membutuhkan waktu tampil 0.02 detik. jika dirasa foto yang digunakan terlalu banyak anda bisa menurunkan kecepatan fps nya menjadi 12fps, jadi satu menit video membutuhkan 12 x 60 = 720 frame foto. dan setiap foto membutuhkan waktu tampil 0,05detik.

nah jika sobat ingin membuat timelapse video dengan menggunakan kamera ponsel berikut triknya. yang di butuhkan adalah
  1. ponsel berkamera
  2. Tripod/untuk ponsel ada mini tripod dengan holder , bisa didapatkan di fjb senilai 100rb
  3. laptop/komputer untuk pengolahan foto menjadi video
  4. software movie maker   
nah berikut yang sobat harus siapkan untuk membuat sebuah video timelapse, untuk stepnya
    1.tempatkan kamera pada tripod dan tempatkan tripod pada daerah yang datar, guna menghindari goyang  ketika mengambil gambar, jika sobat tidak ada tripod, sobat bisa meletakkan ponsel di tempat yang datar, dan mengganjalnya, pokoknya jangan sampe si kamera berubah posisi
   2.ambil gambar secara continue dengan jarak pengambilan beberapa detik, misal 10 detik.
   3.usahakan mengambil objek yang  bergerak secara perlahan, contohnya sebuah bangunan ber background langit, hal ini bisa membuat timelapse yang sobat buat jadi nampak menarik, karena awan yang ada di langit akan terlihat bergerak.
   4.setelah selesai mengambil foto secara continue dengan angle foto yang sama, lalu pindah file ke laptop/komputer sobat, letakkan dalam satu folder supaya memudahkan dalam proses pengeditan.
   5.buka Software movie maker , lalu import foto yang sudah sobat ambil.
   6.lalu buka Tools - options - kemudian set pictures duration se kecil mungkin, anda bisa menset 0.125 untuk waktu paling singkat.
   7.lalu tekan ctrl+A untuk memblok semua item pictures, kemudian drag ke kolom pengeditan.
   8.gambar sudah berubah menjadi video, anda bisa mensave nya. klik file - publish movie - komputer  dan ikuti langkah selanjutnya
   9. selesai, foto anda sudah menjadi sebuah video timelapse yang estetik
  10. anda bisa memadukannya dengan video timelapse lain dan menambahkan background music agar timelapse terlihat hidup, agar lebih mudah lakukan step ini ketika foto sudah menjadi video, jadi anda mengedit video menjadi part yang utuh.

nah sobat berikut cara simple bikin timelapse video, simple kan,? bisa sobat coba dirumah, untuk mendokumentasikan kediaman sobat, ikon kota sobat atau bahkan hal hal lain yang terus berubah dengan perlahan.
baca juga genre fotografi untuk ponsel

0 Response to "Cara Simple Bikin TimeLapse Video"

Post a Comment

wdcfawqafwef