Genre Potography untuk camera ponsel



Dunia semakin hari semakin modern, waktu silih berganti, begitu juga dengan teknologi yang terus di perbaharui dari waktu ke waktu. Ponsel adalah sebuah alat komunikasi untuk membuat komunikasi berjalan dengan lancar dari jarak jauh, tapi kini guna ponsel tak hanya sarana komunikasi, tapi juga sarana hiburan dan membantu pekerjaan sehari hari.

Beberapa orang pecinta fotografi juga mulai memanfaatkan ponselnya untuk menjepret gambar yang dia temukan sehari hari, dari memotret benda, bangunan, manusia dan landscape. sehingga ponsel bisa menjadi sebuah sarana penghasil karaya seni yakni fotografi, tapi kebanyakan orang memotret hanya sekedar menekan tombol shutter tanpa memperdulikan angle yang tepat. nah untuk menambah nilai estetika dalam dunia fotografi ponsel kita, mari mengulas sedikit tentang Genre fotografi yang biasa di aplikasikan dengan kamera ponsel.

    1.Makro
fotophoneblog.blogspot.com

beberapa diantara sobat pasti ada yang pernah mendengar dan ada yang belum tahu tentang fotografi makro ini. Makro adalah seni memotret objek yang berukuran sangat kecil dalam jarak dekat antara 30cm - 10cm. Objek yang digunakan sebagai model potret biasanya memang benda benda yang berukuran kecil misalnya korek api, embun, daun, dan tetesan air. untuk bisa memotret makro, sobat harus menggunakan ponsel dengan fitur autofocus, hal ini bertujuan agar objek dalam jarak dekat bisa fokus, dan latar belakang bisa Blur , hal ini untuk memunculkan efek dramatis. jika mengunakan fitur ponsel fix focus juga bisa, tapi hasilnya tak semaksimal dengan autofocus.

   2.Landscape
fotophoneblog.blogspot.com

genre landscape fotografi ini bisa sobat coba dengan menggunakan jenis kamera ponsel apapun, karena penegasan objek bersifat pemandangan. Landscape disini bisa landscape pedesaan atau landscape perkotaan.

biasanya skala frame yang digunakan untuk memotret landscape ini adalah 16:9, hal yang di perhatikan dalam memotret landscape adalah, usahakan garis Horison/cakrawala , yaitu garis yang memisahkan daratan dan langit, tidak tepat berada di tengah, usahakan penempatan garis cakrawala ini berada pada sepertiga atau seperempat  bagian foto. jika sobat ingin menegaskan foto lebih cenderung ke keindahan langit, maka sobat bisa meletakkan garis cakrawala lebih rendah, hal ini untuk memberikan porsi pemandangan langit lebih banyak, begitu juga sebaliknya.

   3.Potrait

setelah landscape, da juga potrait, potrait ini adalah genre fotografi yang memberikan penegasan pada objek lebih individu. format framenya yang berdiri memberikan pengertian bahwa objek yang di foto adalah fokus utama dalam foto tersebut tanpa memasukkan objek lain kedalam frame.

    4.Selfie

nah belakangan ini pada tahun 2014, istilah selfie sedang marak digunakan untuk menamai jenis foto dengan metode pengambilan foto diri sendiri dengan tangan kita sendiri atau alat bantu tongkat narsis (tongsis).

   5.Siluet
fotophoneblog.blogspot.com

jenis fotografi yang satu ini mengambil bayangan dari sang objek, jadi dengan menggunakan metode pengambilan penempatan posisi kamera menghadap cahaya, dan objek berada di antara cahaya dan camera, sehingga menghasilkan gambar bayangan objek yang terlihat dramatis.

beberapa jenis foto di atas adalah jenis jenis foto yang bisa di aplikasikan dengan menggunakan ponsel sobat, karena ketidak tersedianya sarana fotografi profesional, tidak semata mata menutup kemungkinan menghasilkan karaya yang indah, karena terciptanya sebuah karya seni itu terlahir dari skil orangnya bukan alatnya. intinya adalah man behind the gun.

0 Response to "Genre Potography untuk camera ponsel"

Post a Comment

wdcfawqafwef