mengatasi foto yang pucat pada kamera ponsel

  hello,
foto yang pucat terkadang menjadi sebuah kendala yang berarti dalam pemotretan menggunakan kamera ponsel. karena spek kamera ponsel yang berbeda beda, jadi tidak semua hasil foto dari sebuah kamera ponsel bisa tidak terlihat pucat.

sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat foto yang kita hasilkan menjadi kurang berwarna, tapi kita tidak bisa meghindari faktor tersebut jika itu faktor cuaca/ non teknis. bisa juga faktor objek orang yang di foto dalam keadaan sakit, jadi foto terlihat pucat, hehehe.

jadi jika sobat memotret dengan kamera ponsel dan mendapati hasil yang kurang memuaskan pada urusan warna, jangan panik karena itu bisa di akali dalam proses editing. banyak orang mengira proses editing yang saya maksud adalah editing tuning, atau penyetelan kontras, brightness, dan saturation. bukan editing macam photoshop ya sobat yang bisa bikin jerawat hilang, hidung mancung dan muka hilang hehe.

berikut tips tuning sebuah foto, sobat bisa menggunakan pengedit foto bawaan pada ponsel, atau kalao sobat pake android, bisa menggunakan aplikasi picsart, atau jika sobat pake windows, sobat bisa pake aplikasi pengedit foto "fotor".

nah dalam kesempatan kali ini foto yang saya gunakan adalah foto yang berada di bawah ini.
nah sobat, foto diatas ini diambil dengan kamera lumia 520 , berlokasi di dieng, terlihat memang natural, tidak terlalu pucat sekali, tapi mari kita perbaiki.

1. buka aplikasi pengedit foto sobat
2.lalu adjust/ tuning foto sobat meliputi contrast, brightnes, dan saturation
3. usahakan set contrast terlebih dahulu sesuai dengan keinginan, biasanya saya set +28
4. kemudian set brightness sobat jangan sampai melebihi besarnya contrast, misal +12
5. menset contrast lebih besar daripada brightness bermaksud untuk memunculkan detail objek tersebut
6. lalu terakhir sobat bisa menset saturation/ kecerahan warna, seperti yang sobat inginkan, jangan terlalu besar menset saturation karena dapat membuat foto terlihat terlalu terang, set saturation secukupnya yang penting warnanya sudah mulai keluar.

nah berikut foto yang sudah saya tuning , bisa dilihat hasilnya. warna hijau lebih terang, dan foto terlihat lebih cerah tapi tidak kehilangan detail.
nah semoga tips yang saya share bisa membantu sobat menghasilkan foto yang lebih detail, dan colorfull. gunakan rasa sobat untuk mendapatkan foto yang klik dihati.

baca juga cara simple bikin timelapse video

0 Response to "mengatasi foto yang pucat pada kamera ponsel"

Post a Comment

wdcfawqafwef